Deteksi Secara Serologi dan Molekuler Beberapa Jenis Virus yang Berasosiasi dengan Penyakit Mosaik Tanaman Nilam (Pogostemon cablin Benth)

Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN -Penyakit mosaik pada tanaman nilam disebabkan oleh beberapa jenis virus, yaitu Potyvirus, Potexvirus, Cucumber mosaic virus (CMV), dan Broad bean wilt virus 2 (BBWV2). Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi secara serologi dan molekuler virus-virus yang berasosiasi dengan gejala mosaik pada nilam di KP. Manoko, KP. Cicurug dan lahan petani di Cijeruk. Sampel daun nilam baik yang menunjukkan gejala mosaik atau pun tidak diambil dari setiap lokasi penanaman masing–masing sebanyak 30 sampel. Kejadian penyakit ditentukan melalui deteksi serologi dengan Direct-ELISA dan Indirect-ELISA terhadap sampel menggunakan empat antiserum, yaitu CMV, Cymbidium mosaic virus (CymMV), Potyvirus, dan BBWV2. Deteksi molekuler dengan RT-PCR dilakukan untuk mengonfirmasi virus baru yang ditemukan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gejala infeksi virus yang ditemukan pada nilam bervariasi, yaitu mosaik lemah, mosaik kuning hijau, mosaik dengan penebalan, mosaik dengan malformasi daun, dan bintik kuning. Secara serologi, kejadian virus pada setiap kebun bervariasi. Di KP Manoko, Potyvirus dan BBWV2 lebih dominan (100%) dibandingkan CymMV. Di KP Cicurug, kejadian Potyvirus dan CMV terlihat lebih dominan (83,3 dan 80%) dibandingkan BBWV2 dan CymMV, sedangkan di Cijeruk, BBWV2 lebih dominan (90%) dari Potyvirus (50%) dan CMV (13,3%).

Hasil RTPCR dengan primer degenerate BBWV, diidentifikasi BBWV2 pada sampel daun nilam dari Manoko, Cicurug, dan Cijeruk, sedangkan dengan primer general Potexvirus, diidentifikasi CymMV hanya dari sampel daun nilam dari asal Manoko. Hasil penelitian ini merupakan laporan pertama tentang BBWV2 dan CymMV pada tanaman nilam di Jawa Barat yang mengindikasikan bahwa virus merupakan kendala utama pada perbenihan nilam yang harus segera diatasi. (\Miftakhurohmah, Gede Suastika, dan Tri Asmira Damayanti)

Sumber : Jurnal Littri Puslitbang Perkebunan Vol. 19 No. 3, 2013

Download Fulltext: perkebunan_jurnal-littri_Vol19313_4.-Miftah.-ed.1.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *