Dari Manado untuk Kesejahteraan Petani Kelapa Indonesia

Artikel Kelapa Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Palma melaksanakan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) kelapa dengan tema “Kelapa: Dari Manado Untuk Kesejahteraan Petani Indonesia” di Manado (27/4/16). Kegiatan FGD ini dibuka oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) yang diwakili oleh Kabid Program dan Evaluasi Puslitbang Perkebunan, Andi Nur Alamsyah, STP. MP. Acara dipandu oleh Prof. Dr. Ir. Hengky Novarianto, MS. 

Focus Group Discussion (FGD) adalah suatu proses pengumpulan informasi mengenai suatu permasalahan tertentu yang spesifik melalui diskusi kelompok. Pelaksanaan FGD Kelapa bertujuan untuk mengembalikan kejayaan kelapa, agar pada akhirnya petani kelapa dapat lebih sejahtera.

Adapun materi yang didiskusikan dalam FGD ini yaitu: (1) Status Teknologi Terkini Balit Palma mendukung Pengembangan Kelapa oleh Dr. Ir. Ismail Maskromo, MS, selaku Kepala Balit Palma, (2) Kebijakan Pengembangan Tanaman Kelapa  oleh Ir. Unggul Ametung, M.Si mewakili Direktur Jenderal Perkebunan, (3) Demand of International Coconut Market oleh Alit Firmansyah, Executive Director of APCC, dan (4) Kebutuhan, Prospek dan Tantangan Gula Kelapa sebagai Bahan Baku Kecap (Pujuh Kurniawan, PT. Unilever Indonesia, Tbk.).

Peserta yang hadir pada FGD Kelapa ini sebanyak 86 orang yang berasal dari lembaga penelitian, Kementerian Pertanian, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Universitas, Dinas Provinsi/Kabupaten/Kota, pengusaha perusahaan swasta dan petani kelapa.

Akhir kegiatan FGD dilanjutkan dengan kunjungan ke laboratorium kultur embrio kelapa, laboratorium hama dan penyakit serta tempat pengolahan gula dari nira kelapa di Balit Palma. Acara kunjungan terakhir di Desa Tara Tara, Kota Tomohon untuk melihat proses pengolahan alkohol dari nira.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *