Dampak Positif Program BEKERJA Pada Peningkatan Kompetensi Pendamping RTM di Desa

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Rapat koordinasi Pelaksanaan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) berbasis pertanian telah dilaksanakan di Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut pada Selasa 16 Oktober 2018.

Rakor yang diprakarsai oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Proponsi Jawa Barat diikuti oleh pemerintah daerah Kabupaten Garut dan empat Kecamatan yang menjadi target program BEKERJA, Kec. Pakenjeng, Sukaresmi, Malangbong dan Leles, para TKSK dan perwakilan pendamping desa, Puslitbang Perkebunan sebagai penjab Program BEKERJA Kab. Garut, Kepala BPTP Jabar, dan Direktorat Pakan, Ditjen PKH.

Rakor bertujuan untuk mensinergikan semua kegiatan dan pelaku program BEKERJA di Kab. Garut sekaligus mengidentifikasi masalah dan solusi baik dari sisi administrasi maupun teknis lapangan serta memberikan bimbingan teknis tentang kesehatan hewan kepada tenaga kesehatan hewan dan pendamping desa.

Kepala PUSLITBANGBUN yang diwakili oleh Kabid KSPHP, Ir. Jelfina Alouw, MSc, PhD., mengapresiasi dukungan pemda Propinsi, kabupaten, kecamatan sampai desa terhadap Program BEKERJA di Kab. Garut sekaligus melaporkan perkembangan kegiatan serta menghimbau agar kerjasama diantara seluruh petugas lebih ditingkatkan lagi. Selanjutnya disampaikan bahwa aparatur negara ditingkat pusat dan daerah bersinergi untuk mengangkat taraf hidup saudara-saudara kita yang masuk kategori Rumah Tangga Miskin (RTM). Kepala BPTP Jabar, Dr. Liferdi, SP, MSi melaporkan perkembangan pengadaan dan distribusi ayam KUB serta vaksin dan obat-obatan. Semua komponen yang terlibat dalam program BEKERJA diajak untuk mensukseskan program ini agar Jabar bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya.

Disela-sela rakor, salah satu pimpinan SKPD melaporkan dampak positif Program BEKERJA bukan hanya bagi perbaikan taraf hidup RTM, juga bagi peningkatan kompetensi pendamping desa dalam penanganan doc termasuk pemberian vaksin dan identifikasi umum gejala penyakit serta pemberian obat-obatan.

Rakor yang sama akan dilakukan juga di empat kabupaten yang menjadi target Program BEKERJA di Jabar. Semoga keberlanjutan progam ini bisa tercapai bagi peningkatan kesejahteraan petani dan kelembagaan ditingkat desa bisa terbentuk dan berjalan sesuai harapan. #Jayalah pertanian Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *