Budidaya dan Pasca Panen Karet

Budidaya dan Pengolahan Budidaya Karet Panduan Panduan-Karet

BUDIDAYA PERKEBUNAN – Tanaman Karet (Hevea brasiliensis) merupa-kan salah satu komoditas ekspor yang menjadi sumber pemasukan untuk pendapatan negara  dan permintaan karet dunia meningkat dari tahun ke tahun. Indonesia mempunyai peluang paling besar untuk memanfaatkan potensi pasar tersebut.

Salah  satu  usaha  untuk  meningkatkan produksi nasional adalah mendukung pengembangan karet melalui buku petunjuk Budidaya dan Pasca Panen yang dapat membantu masyarakat pekebun untuk berusaha tani secara tepat dan optimal serta menguntungkan.

Buku ini memuat pedoman awal dan umum untuk dilaksanakan di lapangan secara operasional dengan mengikuti kaidah-kaidah yang benar dan sistematik. Bahan-bahan yang disajikan pada buku ini bersumber dari berbagai pihak dan melalui kegiatan penelitian yang sudah dilakukan selama kurun waktu tertentu.

Secara khusus disampaikan terima kasih kepada para peneliti bidang perkebunan dan semua pihak yang telah membantu terbitnya buku ini. Masukan dan saran masih terbuka untuk perbaikan buku pedoman ini. Semoga buku ini bermanfaat bagi masyarakat pekebun dan bagi upaya pengembangan tanaman karet di bumi persada Indonesia.

 

Bogor,  Nopember 2010

Kepala Pusat,

 

Dr. M. Syakir

 

Download buku: perkebunan_budidaya_karet.pdf{1972KB}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *