Budidaya dan Pasca Panen Kakao

Budidaya dan Pengolahan Budidaya Kakao Panduan Panduan-Kakao

BUDIDAYA PERKEBUNAN – Kakao merupakan salah satu produk pertanian yang memiliki peranan yang cukup nyata dan dapat diandalkan dalam mewujudkan program pembangunan pertanian, khususnya dalam hal penyediaan lapangan kerja, pendorong pengembangan wilayah, peningkatan kesejahteraan petani dan peningkatan pendapatan/ devisa negara.

Pengusahaan kakao di Indonesia sebagian besar   merupakan  perkebunan rakyat.  Dalam  dua  dasawarsa  terakhir  ini  areal kakao Nasional  terus  menjalani pertumbuhan  yang nyata sehingga produksi kakao nasional juga menjalani pertumbuhan yang nyata sehingga produksi kakao nasional juga meningkat seiring dengan peningkatan luas arealnya, namun demikian produktivitasnya stabil bahkan menurun.

Teknologi akan bermanfaat apabila dapat menjangkau dan diterapkan oleh pihak-pihak yang membutuhkan. Hasil-hasil penelitian kakao yang telah dihasilkan oleh beberapa instansi penelitian telah dirangkum dalam buku ini dengan maksud untuk memperkenalkan tanaman kakao dan memberikan pedoman kepada masyarakat cara budidaya, pasca panen dan produk usahataninya.

Saya menyampaikan penghargaan kepada tim penyusun yang telah bersusah payah sehingga buku ini dapat diterbitkan dan berharap semoga buku ini dapat menjadi acuan dalam mengembangkan usahatani kakao.

Bogor,  Oktober 2010

Kepala Puslitbang Perkebunan

Dr. M. Syakir

 

Download buku: perkebunan_budidaya_kakao.pdf {1879KB}

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *