BPT dan PIT untuk Sumber Benih Batang Bawah Kemiri Sunan

Artikel Kemiri Sunan Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kemiri Sunan (Reutealis trisperma (BLANCO) Airy Shaw) merupakan salah satu tanaman penghasil bahan bakar nabati yang prospektif untuk dikembangkan. Salah satu sumber bahan tanaman untuk batang bawah dapat berasal dari Blok Penghasil Tinggi (BPT) dan Pohon Induk Terpilih (PIT). BPT merupakan kebun yang menunjukkan pertumbuhan dan produksi lebih baik dari rata-rata pertanaman di sekitarnya, dengan tujuan untuk menghasilkan benih.

Sedangkan PIT adalah pohon induk yang mempunyai pertumbuhan produksi lebih baik dibandingkan dengan rata-rata produksi BPT dan berada pada kondisi agroklimat yang sama. Jumlah benih yang bisa dihasilkan pada BPT berkisar 327.000-721.780, sedangkan PIT berkisar 207.700-299.400.

Di Jawa Barat, BPT kemiri sunan terdapat di Kabupaten Majalengka dan Garut dengan jumlah masing-masing sebanyak empat dan satu BPT, sedangkan PIT hanya di Kab. Majalengka terdapat di dua lokasi.

Lokasi BPT dan PIT tersebar mulai dari dataran rendah (90 m dpl) sampai dataran tinggi (700 m dpl). Umur tanaman pada BPT berkisar 5-80 tahun dengan populasi berkisar 20-46 pohon, sedangkan pada PIT berkisar 16-57 tahun dengan populasi 14-18 pohon. Jumlah benih yang dihasilkan BPT dan PIT diperkirakan akan mampu mensuplai kebutuhan benih untuk 2.077,0 – 7.217,8 ha.

Info selengkapnya, download fulltext: perkebunan_Info-Tekbun-7-5-2015.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *