BIO PESTISIDA

Inovasi Teknologi Produk Inovasi

Beberapa pestisida nabati produk Balittro yang siap diuji-cobakan di tingkat lapang adalah CEES, Cekam, dan Bio-Protector-1. Ke tiga formula ini dikemas dalam bentuk cair dan berbahan aktif asal tanaman obat dan aromatik. Pada skala laboratorium dan rumah kaca ketiganya mampu berperan sebagai fungisida/nematisida/bakterisida/ insektisida/ moluskisida.

Saat ini telah diluncurkan pula 2 produk agensia hayati dalam bentuk tepung dengan nama produk Metharrin-1 dan Beauverin-1. Produk-produk ini pada skala laboratorium dan rumah kaca terbukti efektif terhadap berbagai jenis hama utama tanaman pertanian dan perkebunan seperti H. antonii, Lophobaris piperis, Spodoptera litura, Oryctes rhinoceros, dll.

Kombinasi penggunaan kedua agen pengendali alami ini sangat penting artinya bagi petani karena mampu menekan penggunaan pestisida sintetis. Aplikasi di lapang sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari pada saat udara cerah. Pestisida nabati ini mempunyai keunggulan : aman terhadap konsumen, petani, dan lingkungan.

 

PESTISIDA NABATI

 

Efektifitas formula harapan pestisida nabati untuk mengendalikan nematoda puru akar, M. incognita

Cengkeh merupakan tanaman perkebunan yang banyak dibudidayakan di tingkat petani. Tanaman ini banyak mengandung minyak atsiri yang mempunyai nilai jual tinggi. Minyak atsiri diperoleh melalui proses ekstraksi maupun penyulingan bagian daun atau bunga cengkeh. Minyak tersebut diketahui mengandung sampai dengan 80% eugenol dan berdasarkan uji laboratorium dan rumah kaca diketahui sangat efektif membunuh nematode puru akar, M. incognita.

Formula pestisida nabati berbahan aktif minyak cengkeh diaplikasikan pada tanaman pertanian dan perkebunan yang rentan terhadap serangan nematode puru akar, M. incognita. Formula sebelumnya dilarutkan dalam air pada konsentrasi 10 ml/l air. Setelah diaduk hingga homogen, larutan pestisida disiramkan ke daerah perakaran tanaman terserang.

Keunggulan : Pestisida tersebut merupakan pestisida yang ramah lingkungan dan aman terhadap pengguna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *