Bio-Aditif

Inovasi BBN Inovasi BBN Inovasi Teknologi Produk Inovasi

INOVASI TEKNOLOGI PERKEBUNAN – Dalam rangka partisipasi dalam program penghematan bahan bakar minyak (BBM), Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO), Puslitbang Perkebunan, Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian telah melakukan penelitian dan pengkajian pembuatan formula untuk menghemat BBM (bensin dan solar). Bahan penghemat tersebut bernama Bio Aditif BBM dan terbuat dari bahan alam minyak atsiri.Keunggulan dari formula bio aditif ini adalah:

  • Menghemat BBM
  • Meningkatkan tenaga mesin
  • Membersihkan deposit karbon di dalam mesin (mengurangi biaya perawatan)
  • Suara mesin menjadi lebih halus (memberikan kenyamanan)
  • Mengurangi emisi gas buah (ramah lingkungan)
  • Terbuat dari bahan alam (renewable)

Pengujian terhadap performa bio aditif tersebut dilakukan di laboratorium dan di lapangan. Hasil pengujian menunjukkan tingkat penghematan rata-rata pada bensin maupun solar sebesar 30-40%.

BALITTRO telah bekerjasama dengan pihak swasta untuk mendapatkan formula bio aditif berbahan baku serai wangi untuk bahan bakar bensin dan solar yang cukup efisien dan telah dilakukan pengujian di BPPT dan Lemigas untuk uji otomotif.

Bio-aditif Bensin

Adalah bio aditif untuk campuran bensin yang dibuat dari minyak Citronella (serai wangi) dan minyak atsiri lainnya, merupakan bahan bakar nabati tanpa campuran kimia atau mineral oil. Dapat menghemat bahan bakar bensin sampai dengan 30%.

Bio-aditif Solar

Adalah bio aditif untuk campuran solar yang dibuat dari minyak Citronella (serai wangi) dan minyak atsiri lainnya, merupakan bahan bakar nabati tanpa campuran kimia atau mineral oil. Dapat menghemat bahan bakar solar sampai dengan 40%.

Artikel terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *