Bimtek Standar Metode Pengamatan Komoditas Tanaman Pemanis, Serat, Tembakau dan Minyak Industri

Aktifitas Puslitbangbun

INFO PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) sebagai salah UPT Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Badan Litbang Kementerian Pertanian menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek)”Standar Metode Pengamatan Komoditas Tanaman Pemanis, Serat, Tembakau dan Minyak Industri”. Bimtek dilaksanakan di Aula Jatropha Balittas Malang pada tanggal 11-12 Juni 2019. Peserta Bimtek terdiri dari para Kepala Kebun dan teknisi yang berasal dari Kebun Percobaan (KP) lingkup Balittas dan perwakilan teknisi dari BPTP Jawa Timur.

Acara bimtek ini dibuka oleh Kepala Balittas Dr. Mohammad Cholid, M.Sc. yang didampingi oleh Koordinator Program Dr. Budi Hariyono, MP.. Dalam sambutannya Kepala Balittas menekankan pentingnya persamaan metode pengamatan diantara para teknisi yang menangani kegiatan penelitian.

Bimtek ini dilaksanakan selama dua hari. Pada hari pertama disampaikan update status komoditas oleh Pj. Program komoditas masing-masing komoditas yang ditanganinya. Selanjutnya para peneliti menyampaikan materi sesuai bidang kepakarannya dari masing-masing Kelompok Peneliti (Kelti).

Hari kedua pada Sesi I, disampaikan Teknik pengamatan Hama dan Penyakit tanaman kapas, tembakau, dan tebu yang dimoderatori oleh Ketua Kelompok Peneliti (Kelti) Entomologi dan Fitopatologi Bapak Heri Prabowo, S.Si, M.Si. Sedangkan pada Sesi 2, disampaikan Teknik pengamatan Pemuliaan Tanaman Tembakau, Wijen, Tebu, Kapas dan Kenaf yang dimoderatori oleh Ketua Kelompok Peneliti (Kelti) Pemuliaan Plasmanutfah dan Perbenihan Ir. Untung Setyo Budi, M.P.

Kegiatan Bimtek ini ditutup secara resmi oleh Kepala Balittas Dr. Ir. Mohammad Cholid, M.Sc. pada jam 16.00 WIB, dimana dalam arahannya, menyampaikan tentang pentingnya pengelolaan kebun secara optimal dengan memanfaatkan sarana yang ada di setiap Kebun Percobaan.

Pembacaan Rumusan Bimtek disampaikan oleh Koordinator Program Penelitian Dr. Budi Hariyono, MP.

Acara diakhiri dengan penyerahan Sertifikat Bimtek kepada para peserta yang diwakili oleh para Kepala Kebun dan perwakilan peserta dari luar Balittas.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *