Bimtek Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Publikasi Jurnal Internasional

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Dalam upaya meningkatkan dan menciptakan sumber daya peneliti yang profesional dalam bidang riset dan publikasi jurnal Internasional, Badan Litbang Pertanian melalui Puslitbang Perkebunan menyelenggarakan Workshop yang bertema “Peningkatan Kompetensi dalam Penulisan Artikel dan Pengelolaan Publikasi Jurnal Internasional Terindeks Global Bereputasi Baik” pada 25-27 April 2019. Workshop diikuti oleh 60 orang peserta meliputi: para peneliti/penulis, ketua dewan redaksi dari jurnal Balittro, Balittas, Balit Palma dan Balittri, ketua dan anggota dewan redaksi serta Copy editor dari publikasi Puslitbang Perkebunan, Jurnal Littri, Perspektif, Warta dan Infotek.

BIMTEK didahului dengan pengumpulan naskah hasil penelitian dari para peneliti dan kemudian diperiksa oleh para narasumber. Pada saat pelaksanaan BIMTEK, maka naskah dibahas bersama oleh mentor/NARSUM dan penulis secara intensif. Para penulis dibekali dengan berbagai materi antara lain: Teknik penulisan karya tulis ilmiah nasional/internasional, pemilihan jurnal, proses submisi dan teknik menjawab komentar editor dan reviewer, tehnik pemilihan reviewer, strategi indeksasi jurnal ke scopus, Thomson Reuter, dan etika penulisan artikel ilmiah dan pentingnya publikasi artikel ilmiah internasional bereputasi baik bagi pejabat fungsional peneliti. Nara sumber yang sudah berpengalaman sebagai peneliti, dewan redaksi dan ada yang sudah terlibat dalam pengelolaan jurnal internasional terindeks scopus yang berkontribusi dalam BIMTEK, antara lain Prof. Dr. Supriadi, Prof. Dr. Soedarsono, Prof. Dr. I. Komang G. Wiryawan, Prof. Dr. Bahagiawati, dan Prof. Dr. Elna Karmawati. Sesi praktek pengelolaan pustaka menggunakan mendeley atau endnote disampaikan oleh Bursatrianyo, S.Kom.

Ketua panitia sekaligus mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian, Ir. Jelfina C Alouw, PhD, menyampaikan sambutan dan membuka secara resmi kegiatan BIMTEK. BIMTEK bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peneliti dalam menulis artikel di Jurnal Internasional bereputasi baik, mendorong publikasi artikel di jurnal internasional bereputasi baik dan meningkatkan kompetensi dewan redaksi dan pengelola jurnal sebagai persiapan pendaftaran indeksasi di lembaga pengindeks bereputasi baik. Melalui kegiatan workshop ini, Jelfina, yang menjabat sebagai Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Penelitian (KSPHP) Puslitbangbun, mengharapkan BIMTEK mampu memberikan manfaat bagi para peneliti dalam mempublikasikan hasil penelitiannya, mengakselerasi diseminasi teknologi, mempercepat adopsi dan pemanfaatan teknologi inovasi hasil-hasil penelitian perkebunan baik dalam maupun luar negeri (SAE/JCA).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *