Bimtek Kopi, Salah Satu Cara untuk Diseminasi Teknologi Kopi

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Percepatan penyebaran inovasi dan teknologi hasil penelitian komoditas perkebunan dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan melakukan bimbingan teknis (Bimtek) langsung kepada para pengguna teknologi (petani, penyuluh, staf dinas). Hal tersebut yang dilakukan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) dengan menggelar Bimtek Budidaya dan Pengolahan Kopi di aula Hotel Srikandi, Kabupaten Sinjai, 29 Agustus 2019.

Bimtek ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura beserta jajarannya dan rombongan dari Puslitbangbun. Dalam sambutan Kepala Puslitbangbun yang disampaikan oleh Kepala Bidang Program dan Evaluasi (Kabid PE), Dr. Rustan Massinai, M.Sc menyatakan bahwa Bimtek ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan program mengembalikan kejayaan rempah Indonesia yang juga sebagai bagian dari komoditas perkebunan. Berbicara komoditas perkebunan, tentu saja tidak hanya rempah, komoditas lainnya yang memiliki nilai jual mendunia saat ini adalah kopi. Untuk menghasilkan kopi dengan nilai jual tinggi dipengaruhi oleh berbagai faktor yang semuanya saling terkait, untuk itu Rustan menghimbau kepada semua peserta yang hadir agar bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk menanyakan segala hal yang menjadi kendala dan sering dialami di lapangan.

Acara bimtek ini dibuka oleh Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Sinjai, Sitti Marwatiah. Dalam arahannya, Kadis TPHP mengucapkan banyak terimakasih kepada tim Puslitbangbun yang dapat membagi ilmu di Kabupaten Sinjai. Kadis TPHP menyampaikan peluang yang besar untuk pengembangan kopi yang terdapat di Kabupaten Sinjai. Contohnya saja Kopi Borong yang sudah mulai dikenal di luar wilayah Sinjai, dan Kadis sangat mengharapkan di masa mendatang akan ada kopi-kopi lainnya yang berasal dari Kabupaten Sinjai.

Selanjutnya langsung ke sesi utama yaitu materi Bimtek yang diisi oleh narasumber Ir.Maman Herman yang pakar di bidang Budidaya Kopi dan Tajul Iflah, S.TP., M.Si dengan materi Pasca Panen dan Pengolahan Kopi yang dilakukan secara paralel. Setelah pemaparan materi, kesempatan diskusi dibuka untuk para peserta. Antusiasme peserta dalam acara ini terlihat dari banyaknya pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber mengenai kendala yang selama ini mereka alami. Tidak hanya itu, para peserta juga banyak yang tertarik mengenai cara pengujian citarasa kopi yang sekarang semakin sering dilakukan di berbagai level.

Para narasumber juga tidak segan-segan membuka diskusi lanjutan di luar Bimtek agar para peserta dapat mengikuti tahapan-tahapan yang telah dipaparkan pada saat Bimtek. Acara berakhir dengan foto bersama Kadis, Tim Puslitbangbun dan para peserta. Semoga sharing knowledge kali ini memberikan hasil nyata di masa mendatang. (TJ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *