Bimtek Budidaya dan Pascapanen Kopi bagi Petani di Kertasari, Bandung

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Dalam rangka peresmian Taman Teknologi Pertanian (TTP) Kopi Bandung, Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian melalui unit kerja Pusat Penelitian dan Pengembangan perkebunan (Puslitbangbun) melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) Budidaya dan Pascapanen Kopi di Bandung (27/12/2018). Peserta Bimtek adalah para petani kopi yang tergabung dalam kelompok tani di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Narasumber yang memyampaikan materi yaitu Ir. Maman Herman, dan Asif Ainu, Sp., M.Sc., sebagai peneliti kopi di Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) Sukabumi. Masing-masing memaparkan tentang cara budidaya kopi mulai dari pembibitan sampai dengan panen, kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua dengan pengelolaan pascapanen kopi.

Peserta sangat antusias mengikuti Bimtek ini, dimana terlihat dari aktifnya peserta bertanya dalam sesi diskusi. Narasumber berharap dengan adanya bimtek ini, para petani kopi yang sebelumnya menggunakan teknik konvensional dapat beralih kepada penerapan teknologi dari Badan Litbang Pertanian. (Bur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *