Bimbingan Teknis Tanaman Karet, Upaya Memacu Produktivitas Karet Nasional

Aktifitas Puslitbangbun Artikel Karet

Bogor Perkebunan – Indonesia sebetulnya tak perlu lagi menambah luasan lahan tanam karet nasional. Pasalnya, lahan karet Indonesia merupakan yang terluas di dunia, yaitu sekitar 3,4 juta hektare (ha). Akan tetapi, produksi karet Indonesia masih kalah dari Thailand yang menjadi nomor satu dengan produksi 2,6 juta ton. Produktivitas karet nasional masih rendah dengan angka rata-rata hanya 0,8 ton perhektare (ha).

Maka dari itu dalam upaya meningkatkan produktivitas karet nasional, Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan bekerja sama dengan Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Barat, yang merupakan salah satu wilayah sentra penghasil karet Nasional, mengadakan Bimbingan Teknis Tanaman Karet yang diselenggarakan mulai tanggal 18 sampai dengan 20 September 2012 bertempat di Kantor Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan, Bogor – Jawa Barat.

Bimbingan Teknis yang diikuti oleh 36 Peserta dari unsur Kelompok Petani Karet dan Staf Pelaksana Penyuluh Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Barat bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh peserta melalui pembinaan dan konsultasi, bimbingan teknis mengenai :
1) Budidaya dan Peremajaan Kebun Karet Rakyat yang disampaikan oleh Ir. Dini S. Hidayat,
2) Proteksi Tanaman Karet dari Hama Penyakit yang disampaikan oleh Dr. Ir. Iwa Mara Trisawa,
3) Teknik Pengelolaan Pasca Panen Karet yang disampaikan oleh Ir. Ibnu Santoro Sinder, dan
4) Jalinan Mitra Kerjasama dan Dinamika Kelompok yang disampaikan oleh Ir. Dibyo Pranowo.

Diharapkan penyelenggaraan Bimbingan Teknis ini selain dapat meningkatkan pemahaman dalam budidaya tanaman karet sehingga mampu meningkatkan produktivitas kebun karet serta menghasilkan produk karet yang bermutu tinggi juga akan terjalinnya komunikasi dan koordinasi yang baik antara petani karet khususnya Propinsi Sumatera Barat dengan para pelaku usaha di bidang karet.

Menyiram benih pada bedeng berkecambah

Pembibitan

Bibit siap diokulasi (umur 6-12 bulan)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *