Bimbingan Teknis Petani Gambir Sumbar

Aktifitas Puslitbangbun

BOGOR, PERKEBUNAN – Puslitbang Perkebunan melakukan Bimbingan Teknis Gambir pada tanggal 1-3 Juni 2011 di Bogor. Bimbingan Teknis diikuti oleh 20 orang peserta dari petani Gambir se Provinsi Sumatera Barat yang terdiri dari 8 orang dari Kabupaten Pesisir Selatan, 7 orang dari Kabupaten LIma Puluh Kota, 3 orang dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat dan 2 orang dari Dinas Perkebunan Kabupaten. Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bagi petani Gambir di Sumatera Barat.

Kepala Puslitbang Perkebunan, Dr. M. Syakir, MS., dalam sambutannya mengemukakan bahwa Gambir merupakan komoditas ekspor terbesar Sumatera Barat dan sebagai sumber devisa negara. Permasalahan yang dihadapi adalah pada tingkat pasca panen, dimana belum ada pabrik sebagai industri hulu di Sumatera Barat.

Hal ini menyebabkan pendapatan petani berkurang karena banyaknya biaya yang dikeluarkan untuk sampai kepada industri pengolahan. Sebelumnya Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Sumatera Barat menyatakan hal yang sama pada sambutannya yang diwakili oleh Kepala Seksi Pembiayaan Usaha, Drs. M. Syukur. Kegiatan Bimtek ini dibuka secara resmi oleh Kepala Puslitbang Perkebunan.

Materi dari bimtek ini terdiri dari narasumber yang belatarbelakang gambir yang berasal dari Balittri dengan topik-topik sebagai berikut :

  1. Pemilihan Pohon Induk Gambir (Drs. M. Hadad EA);
  2. Pengendalian Hama Penyakit Gambir (Dr. Iwa Mara Trisawa);
  3. Teknis Pascapanen dan Pengolahan Hasil Gambir (N.R. Ahmadi, STP., MP.);
  4. Manajemen Kelembagaan Petani (Ir. Maman Herman);
  5. Pemasaran Gambir (Ir. Yulius Ferry).

Pada bimbingan teknis ini juga dilakukan kegiatan kunjungan lapang (field trip) ke kebun wisata ilmiah (KWI) di Balittri, Sukabumi. Peserta diberi diperkenalkan dengan berbagai macam koleksi tanaman Gambir dan tanaman industri lainnya yang menjadi mandat Balittri. Field trip ini dipandu oleh Ir. Maman Herman dan Ir. Yulius Ferry.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *