Bimbingan Teknis bagi Petani Karet Sumatera Barat

Aktifitas Puslitbangbun Artikel Karet

BOGOR, PERKEBUNAN – Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat telah melaksanakan Bimbingan Teknis Petani Karet (BTPK) pada tanggal 26 – 28 April 2011 bertempat di Gedung Display Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Jl. Tentara Pelajar No. 1 Bogor. BTPK diikuti oleh 20 orang petani karet dan 4 orang pendamping dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Barat.

Peserta BTPK dengan sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian acara yang dimulai pada hari Selasa, tanggal 26 April 2011 pukul 08.00 WIB dan dibuka secara resmi oleh Kepala Puslitbang Perkebunan yang diwakili oleh Dr. S. Joni Munarso selaku Kepala Bidang Kerja Sama dan Pendayagunaan Hasil Pertanian.

Dalam arahannya, beliau menyampaikan agar peserta BTPK tidak segan bertanya kepada nara sumber tentang persoalan seputar komoditas karet baik bidang budidaya, hama dan penyakit, pemasaran, dan lain sebagainya.

Sambutan disampaikan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Sumbar, Ir. Fajarudin yang berpesan agar para peserta BTPK secara bersungguh-sungguh menimba ilmu dari para nara sumber sehingga dapat menjadi bekal untuk meningkatkan produktivitas karet di daerah asalnya sehingga tidak hanya sekedar mengikuti pelatihan dan berbekal sertifikat.

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi yang disampaikan oleh nara sumber berkompeten yakni Dr. Sabarman Damanik, Dr. Agus Purwantara, dan Ir. Dibyo Pranowo, dengan masing-masing materi berjudul “pemasaran karet dan penjalinan mitra kerja petani karet,” “pengendalian hama penyakit,” dan “manajemen dan dinamika kelompok petani karet.”

 

 

 

 

Pada hari kedua, tanggal 27 April 2011 bimbingan teknis petani karet masih berupa teori dan diskusi yang dimulai dari jam 08.00 s/d 16.00 WIB oleh 2 (dua) orang nara sumber yaitu 1) Aceng Sukmaja memberikan materi mengenai standarisasi mutu dan bahan olah karet (bokar). 2) Ir. R.H. Dini Saepul Hayat memberikan materi mengenai okulasi tanaman karet, pembibitan tanaman karet, dan cara tanam bibit tanaman karet.

 

 

 

 

Tanggal 28 April 2011 merupakan hari terakhir BTPK, para peserta melakukan kinjungan lapang ke Kebun Karet Jalupang PTPN VIII di Subang, Jawa Barat. Peserta meninjau kebun karet, pabrik pengolahan karet dan melihat secara langsung proses lelang karet, serta melakukan praktek lapang seperti meninjau kebun persemaian, menaman bibit tanaman karet ke polibag dibimbing oleh nara sumber yang berasal dari Kebun Karet Jalupang PTPN VIII.

Acara BTPK ditutup oleh Prof.Dr. Elna Karmawati selaku Ketua Kelti Puslitbang Perkebunan mewakili Kepala Puslitbang Perkebunan disertai dengan pemberian sertifikat kepada para peserta bimbingan teknis petani karet.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *