“Bersatu Kita Maju”, Digemakan Lagi Pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Upacara peringatan hari sumpah pemuda ke-91 yang mengangkat tema “Bersatu Kita Maju” dilaksanakan oleh UK dan UPT lingkup Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian yang berdomisili di Bogor. Upacara peringatan hari Sumpah Pemuda kali ini berjalan penuh hikmat yang dilaksanakan di lapangan upacara BB Biogen Cimanggu Bogor, Senin 28 Oktober 2019.

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Balai Besar Pascapanen Pertanian Dr. Prayudi Syamsuri, SP, M.Si. Dalam amanatnya yang merupakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia di hadapan para peserta upacara, Prayudi mengatakan bahwa tema yang diangkat pada hari ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda dan diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda, yakni bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Dampak nyata dari pesatnya perkembangan teknologi informasi yang saat ini marak digunakan oleh para pemuda Indonesia dapat diibaratkan seperti dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara, Ujarnya.

Dari fakta tersebut, lebih jauh ia berharap, Pemuda Indonesia harus berkarakter tangguh yang memiliki moral dan karakter kinerja, beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, dan tuntas sehingga dapat menciptakan inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional serta dapat mengantisipasi dampak negatif dari pesatnya kemajuan teknologi saat ini.

Sebelum menutup amanahnya, Prayudi juga turut memberikan pesan kepada seluruh pemuda Indonesia.
“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, pengorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”.

Dalam upacara tersebut seluruh Pegawai Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) juga ikut hadir guna memacu kembali semangat nasionalisme terhadap persatuan bangsa sebagaimana yang diperjuangkan oleh para pemuda Indonesia 91 tahun yang lalu. (Anjas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *