Balittro Lakukan Pendampingan Teknis Bagi Bangladesh Agricultural Research Council

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO), Balitbangtan Kementan melakukan pendampingan teknis Budidaya dan Pengolahan Produk Turunan Seraiwangi dan Cengkeh bagi peserta yang berasal dari National Agricultural Technology Program PIU – Bangladesh Agricultural Research Council, Goverment of Bangladesh. Kegiatan ini dikoordinir oleh PT. Irekha Selindo dengan jumlah peserta 8 orang yang dilaksanakan 3 hari dari tanggal 09 – 11 Juli 2019 yang lalu. Acara dibuka oleh Kepala Balittro Dr. Wiratno didampingi oleh Kepala Seksi Jasa Penelitian Dra. Nur Maslahah, M.Si., dan para narasumber Dr. Nurliani Bermawie serta Ir. O. Trisilawati, M.Sc.

Dalam sambutannya Iqbal Haque selaku perwakilan dari Bangladesh Agricultural Research Council menyampaikan tentang profil Institut Penelitian Pertanian Bangladesh (BARI) sebagai lembaga penelitian multi-tanaman terbesar di negaranya. Lembaga ini mempelajari varietas sereal, lentil, kacang-kacangan, biji minyak, sayuran, buah-buahan, rempah-rempah, bunga, dll. Organisasi ini melakukan penelitian tentang manajemen tanah dan tanaman, manajemen penyakit dan hama, manajemen air dan irigasi, pengembangan mesin pertanian, pengembangan sistem pertanian, pemanenan teknologi pasca panen dan produksi yang berhubungan dengan sosial, produksi, pemrosesan, pemasaran dan kuantifikasi tanah.”

Hari pertama pendampingan teknis, peserta mendapatkan materi mengenai Cultivation Of Citronell oleh narasumber Ir. O. Trisilawati, M.Sc. Dilanjutkan dengan kunjungan lapang ke Unit pengelola Benih Sumber (UPBS), Kebun Wisata Tanaman Obat dan Griya Jamu minuman khas Indonesia dengan di pandu oleh Hera Nurhayati, SP,. MSc. dan Sujianto, S.TP.

Hari kedua pendampingan teknis, para peserta mendapatkan pembekalan materi Post Harvest dengan narasumber Ir. Bagem Sofiana Sembiring dan dilanjutkan dengan praktek membuat produk dari berbagai macam rempah dan obat seperti balsem pala, sabun sereh wangi, dan lotion sereh wangi.

Hari ketiga pendampingan teknis sekaligus hari penutupan, peserta mengikuti kegiatan fieldtrip dengan mengunjungi kebun percobaan Cicurug yang merupakan koleksi tanaman Pala dan Kebun Percobaan Sukamulya di Sukabumi yang merupakan koleksi berbagai tanaman Rempah dan Obat. Acara diakhiri dengan pembagian sertifikat oleh Sujianto, S.TP kepada para peserta Bimntek.

Harapannya kegiatan pendampingan teknis ini dapat lebih menambah wawasan bagi para peserta dan mempererat kerjasama antar kedua negara.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (BALITTRO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *