Balitbangtan Bekerjasama dengan BMKT Kota Makassar Menyelenggarakan Bimtek Pengenalan dan Pemanfaantan Tanaman Obat

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengenalan dan Pemanfaatan Tanaman Obat dilaksanakan di Makassar pada 27 April 2018. Bimtek ini merupakan bagian dari pelaksanaan program kerja yang disusun oleh Pengurus Badan Kontak Majlis Taklim (BKMT) Kota Makassar bekerjasama dengan Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian. Bimtek diikuti oleh 500 orang peserta, terdiri dari pengurus BKMT Cabang Kota Makassar dan pengurus cabang BKMT dari 14 kecamatan.

Tujuan dilaksanakannya bimtek ini adalah untuk meningkatkan kompetensi SDM di Bidang Pengelolaan Tanaman Obat dan Pemanfaatannya serta untuk meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan bagi pengurus BKMT pada umumnya, dan masyarakat sekitar pada khususnya.

Hadir pada acara ini Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Aliyah Mustika Ilham selaku Ketua BKMT Kota Makassar. Dalam sambutannya beliau mengatakan bimtek tersebut sangat bermanfaat guna memberikan pemahaman kepada ibu majelis taklim memanfaatkan tanaman untuk dijadikan obat yang dapat bermanfaat bagi keluarga.

Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Litbang Pertanian yang diwakili oleh Kepala Puslitbang Perkebunan, Dr. Ir. Fadjry Djufry. Dalam sambutannya, Kepala Puslitbang Perkebunan mengatakan “Indonesia memiliki ratusan jenis tanaman obat, namun hanya sedikit orang yang menyadari manfaat tanaman tersebut bagi kesehatan”. Tanaman tersebut bisa ditanam di pekarangan rumah sehingga mudah diperoleh dan memaksimalkan potensi pemanfataan pekarangan dengan tanaman yang bermanfaat. Kepala Puslitbang Perkebunan mengapresiasi Hj. Aliyah sebagai legislator yang memiliki kepedulian dalam membangun potensi kesehatan di dalam keluarga.

Ir. Yuhono sebagai nara sumber kemudian memperkenalkan berbagai jenis tanaman yang memiliki khasiat bagi kesehatan dan teknologi pengolahan produknya. Semoga semakin banyak masyarakat yang diperkenalkan dengan berbagai jenis tanaman obat serta teredukasi dengan pemanfaatan tanaman obat yang benar dan tepat (Agus Bh)

Foto: Sambutan Anggota Komisi IX DPR RI, Hj. Aliyah Mustika Ilham selaku Ketua BKMT Kota Makassar (27/4/18).

 

Foto: Peserta bimbingan teknis pengenalan dan pemanfaatan tanaman obat di Makassar (27/4/18).

Foto: Ir. Yuhono sebagai nara sumber memperkenalkan berbagai jenis tanaman yang memiliki khasiat bagi kesehatan dan teknologi pengolahan produknya kepada peserta bimbingan teknis pengenalan dan pemanfaatan tanaman obat di Makassar (27/4/18).

Foto: Berbagai jenis tanaman yang memiliki khasiat bagi kesehatan dan teknologi pengolahan produknya (27/4/18).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *