Balitbangtan Jalin Kerjasama Penelitian dengan Kolombia

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Pertemuan dengan delegasi Kolombia membahas rencana kerjasama penelitian. Pihak Kolombia dihadiri oleh pihak Ministry of Agricultural and Rural Development (MARD) Kolombia dan  Colombian Corporation of Agricultural Research (CORPOICA). Pihak Balitbangtan diwakili Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) dan Balai Besar Pengembangan Mekanisasi Pertanian (BBMektan). Pada pertemuan tersebut hadir juga utusan dari Kementerian Luar Negeri Wilayah Amerika Selatan.

Agenda pertemuan membahas rencana kerjasama yang telah dibicarakan sebelumnya. Pihak Kolombia sangat mengharapkan agar MOU dapat segera ditandatangani oleh pemerintah Indonesia.

Dari pertemuan tersebut dihasilkan beberapa butir kesepakatan, antara lain Indonesia dan Kolombia akan menjalin kerjasama di beberapa bidang. Pihak Indonesia yang diwakili oleh para peneliti mengusulkan kerjasama penelitian diantaranya : (1) Pengembangan biofuel generasi kedua, (2) Crop monitoring using smart phone, (3) Penggunaan biomass untuk packaging, dan (4) Pertukaran Sumber Daya Genetik (SDG) tebu, jarak pagar dan kakao. Khusus untuk kakao adalah SDG yang memiliki ketahanan terhadap Vascular Streak Dieback (VSD).

Pihak Kolombia mengusulkan kegiatan, antara lain : (1) Bioplastik dan biorefinery dari kelapa sawit, kelapa dan ubikayu, (2) Pengembangan biofuel generasi kedua, (3) Pertukaran SDG, (4) Budidaya kelapa sawit, ubi kayu dan kelapa. Disamping kesepakatan tersebut, terbuka pula peluang untuk pertukaran peneliti baik untuk training jangka pendek maupun post doc.

Hasil pertemuan ini diharapkan dapat ditindaklanjuti oleh pihak pemerintah dari kedua Negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *