Balitbangtan Bekerjasama dengan PT. PG. KTM dalam Penyediaan Benih Unggul Tebu Hasil Litbang

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pada hari Kamis, tanggal 23 Agustus 2018 di Lamongan telah dilaksanakan penandatanganan MoU antara Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian yang diwakili oleh Kepala Puslitbang Perkebunan Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si dengan PT.PG. Kebun Tebu Mas (KTM) yang diwakili oleh Direksi PT.PG. KTM Ir. Adi Sasongko. Tujuan dari penandatanganan MoU ini adalah untuk mendukung swasembada gula terutama dalam penyediaan benih unggul tebu hasil penelitian Badan Litbang Pertanian.

Penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Pertanian Dr. Ir. Farid Bahar, Komisaris PT. PG. KTM Ir. Achmad Mangga Barani, M.M, Kepala Balittas Malang Dr. Ir. Mohammad Cholid, M. Sc beserta para peneliti Tebu dari Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) Malang  dan Puslitbangbun Dr. Mardjani, Dr. Budi Haryono, dan Dr. Sri Suhesti, S.P, MP. Kegiatan dilanjutkan dengan kunjungan ke pabrik dan lapangan.

PT.PG. KTM ini sudah menerapkan sistem beli putus sehingga petani langsung mengetahui berapa nilai hasil panennya dengan menerapkan rendemen individu dengan sistem core sampler. Kunjungan dilanjutkan ke lahan agroforestry tebu yang dikelola oleh PT.PG. KTM yang bekerjasama dengan PT. Perhutani dalam memanfaatkan kawasan hutan untuk penanaman tebu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *