Balit Palma Sosialisasikan Varietas Tanaman Perkebunan di Sultra

Aktifitas Puslitbangbun Uncategorized

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) Balitbangtan Kementan sebagai salah satu UPT Puslitbang Perkebunan melakukan sososialisasi pengenalan varietas tanaman palma pada pertemuan Sosialisasi dan Koordinasi Pengenalan Varietas Tanaman Perkebunan di Hotel SAME Kendari pada tanggal 05-06 Oktober 2018. Sosialisasi dan koordinasi tersebut dilaksanakan oleh Dinas Perkebunan dan Hortikultura Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan dihadiri oleh Kepala Dinas/Kepala Bidang yang membidangi Perkebunan, Pengawas Benih Tanaman, Staf Teknis lainnya, produsen benih serta petani pemilik kebun sumber benih lingkup Kota/Kabupaten Provinsi Sultra.

Narasumber kegiatan tersebut berasal dari Direktorat Perbenihan Perkebunan (Direktur Perbenihan, Kasubdit Penilaian Varietas dan Pengawasan Mutu Benih, Pengawas Benih Tanaman), Balai Besar P2TP Surabaya dan Balai Penelitian Tanaman Palma, Balitbangtan Kementan.

Narasumber dari Balit Palma yakni Meity A. Tulalo, SP. MP. menyampaikan materi Pengenalan Varietas tanaman Kelapa, Sagu, Aren dan Pinang serta Penyediaan Sumber Benih.

Pada sesi diskusi, diperoleh banyak informasi mengenai adanya jenis-jenis kelapa yang dianggap unggul oleh petani maupun produsen benih di Provinsi Sultra, namun belum mendapat perhatian. Dengan adanya informasi yang mereka terima saat itu mendorong mereka untuk melakukan observasi dan meminta dukungan Balit Palma untuk penilaian sumber benih maupun untuk dapat melepas varietas kelapa unggul Sultra. Hal ini mengingat kebutuhan benih kelapa unggul yang cukup tinggi, karena adanya komitmen Pemerintah Daerah untuk mengangkat kembali kejayaan kelapa di Sultra yang saat ini secara perlahan mulai punah.

Selain kelapa, varietas sagu juga mendapat perhatian dari Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara. Untuk pengembangan sagu di Sulawesi Tenggara dibutuhkan benih Sagu unggul (yang tidak berduri). Untuk itu Dinas Perkebunan yang akan mengembangkan kelapa maupun sagu berencana untuk menindaklanjuti pertemuan tersebut dengan mengunjungi Balit Palma untuk menjalin kerjasama.

 

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *