Balit Palma sebagai Pusat Unggulan IPTEK Kelapa

Artikel Kelapa Sawit Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) menerima Piagam Penetapan sebagai Pusat Unggulan IPTEK Kelapa. Piagam tersebut diberikan langsung oleh Menteri Ristek DIKTI Profesor. H. Mohamad Nasir, PhD. Ak, dalam acara APRESIASI LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN TAHUN 2016 (22/12/16).   

Balit Palma adalah satu-satunya Unit Kerja di bawah Badan Litbang Pertanian yang menerima penetapan sebagai Pusat Unggulan IPTEK (PUI) pada tahun 2016. Dari Penetapan sebagai PUI Kelapa diharapkan Balit Palma mampu mensinergikan semua potensi pengembangan Kelapa serta menjadi sumber inovasi, rujukan dan intermediator teknologi.

Untuk mencapai sasaran secara efektif dan efisien, Balit Palma akan terus menjalin dan meningkatkan kerjasama dengan pihak terkait yang masing-masing memiliki kepentingan, kontribusi, peran, tugas dan fungsinya. Hal itu dapat memberikan petunjuk kepada semua pihak yang terlibat dalam pengembangan IPTEK Kelapa sesuai tujuan ditetapkannya PUI Kelapa di Balit Palma, ujar Kasie Jaslit Ir. Jeanette Kumaunang, M.Sc. yang menerima penghargaan tersebut mewakili Balit Palma.

Pusat Unggulan Iptek (PUI) merupakan suatu organisasi atau lembaga yang melaksanakan kegiatan-kegiatan riset bertaraf international pada bidang yang spesifik secara multi dan interdisiplin dengan standar hasil yang sangat tinggi serta relevan dengan kebutuhan pengguna IPTEK.

Tujuan pelaksanan kegiatan pengembangan PUI adalah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan, sumberdaya serta jaringan IPTEK dari lembaga litbang dalam bidang Prioritas Spesifik agar terjadi peningkatan relevasi dan produktifitas serta pendayagunaan IPTEK dalam sektor produksi untuk menumbuhkan perekonomian nasional yang pada gilirannya dapat berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Palma

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *