Bahan Tanaman Unggul Kopi

Inovasi Kopi Inovasi Teknologi

INOVASI TEKNOLOGI PERKEBUNAN – Salah satu penyebab rendahnya produktivitas kopi arabika di Indonesia pada saat ini adalah belum digunakannya bahan tanam unggul tahan penyakit karat daun dan atau tahan serangan nematoda parasit. Kedua organisme pengganggu tanaman (OPT) tersebut secara terpisah maupun bersama dapat mengakibatkan penurunan hasil kopi sampai 60 persen dari potensi yang ada (Wiryadiputra, 1997). Serangan penyakit karat daun oleh jamurĀ  Hemileia vastatrix B. Et Br. (HV) pada kopi lebih banyak terjadi pada jenis kopi arabika, demikian pula dengan jenis nematoda Radhopolus similis, walaupun jenis nematoda tersebut juga mampu menyerang kopi robusta. Oleh karena itu apabila dikaitkan dengan pangsa pasar kopi di dunia adalah jenis arabika, selain karena memiliki citarasa lebih baik, juga kelangkaan ketersediannya dibanding kopi robusta, sebagai akibat kerentanannya terhadap serangan kedua jenis OPT tersebut.

Selama ini untuk mengatasi serangan kedua OPT tersebut lebih banyak dilakukan dengan pengendalian secara kimiawi. Cara tersebut selain mahal juga kurang ramah lingkungan, karena fungisida dan nematisida yang digunakan untuk membunuh jamur HV dan nematoda parasit ternyata juga membunuh musuh alami, bahkan dimungkinkan pula dapat menimbulkan efek samping pada produk kopi bijinya. Oleh karena itu salah satu upaya peningkatan produktivitas kopi adalah dengan menggunakan bahan tanam ungggul tahan kedua jenis OPT tersebut. Dengan cara ini diharapkan akan tercipta sistem pengendalian yang awet, lebih ekonomis serta tidak menimbulkan dampak lingkungan, karena terciptanya keseimbangan piramida OPT (inang-patogen-kondisi lingkungan dan manusia).

Dengan semakin maraknya usaha sebagai penangkar bibit tanaman unggul kopi, demikian pula kaitannya dengan peran bahan tanam unggul dalam sistem pengendalian OPT secara terpadu, mengenal penciri varietas maupun klon anjuran dari bukan varietas/klon anjuran merupakan salah satu modal utama agar terhindar dari penggunaan bahan tanam unggul palsu yang tidak dianjurkan. Dalam tulisan ini akan dijelaskan peran bahan tanam unggul kopi dalam mengendalikan serangan OPT kopi secara terpadu serta beberapa cara mengenali penciri varietas/klon anjuran kopi arabika dan klon anjuran kopi robusta sebagai dasar untuk melakukan pemurnian serta pembenahan komposisi pertanaman kopi, sehingga diharapkan pekebun akan terhindar dari penggunaan bahan tanam unggul palsu.

Selengkapnya klik disini

Sumber : BALITTRI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *