Bahan Tanam yang Efisien untuk Penyambungan Jarak Pagar

Berita Perkebunan

INFO PERKEBUNAN – Krisis energi yang sedang melanda dunia saat ini memaksa kita untuk mencari sumber energi alternatif yang terbarukan. Jarak pagar merupakan salah satu komoditas pertanian yang ditetapkan sebagai salah satu sumber energi alternatif.

Tanaman jarak pagar yang berkembang di masyarakat yang luasnya lebih dari 6.500 ha masih banyak yang menggunakan bahan tanam IP-1 dan sedikit yang menggunakan bahan tanam IP-2.

 

Pada sisi lain, untuk meningkatkan produksi tanaman telah diperoleh bahan tanam IP-3. Oleh karena itu perlu dicari strategi peremajaan dengan penggantian bahan tanam, yaitu dengan teknik penyambungan pada tanaman jarak pagar dengan tingkat keberhasilan di atas 90%, baik melalui penyambungan atasmaupunpenyambungan samping (Tabel 1).

Penyambungan pada tanaman jarak pagar telah ditemukan tekniknya yaitu: teknik penyambungan atas dan teknik penyambungan samping. Permasalahannya sampai saat ini belum diketahui berapa panjang entres yang harus dipakai sebagai bahan tanam untuk dipakai sebagai bahan sambungan yang efisien. Karena itu dilakukan penelitian efisiensi pemakaian bahan tanam untuk penyambungan pada tanaman jarak pagar dilakukan pada tahun 2009.

Bahan entres yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk sambung atas pada tanaman jarak pagar. Dari (Tabel 2) dapat dilihat jumlah tandan buah terbanyak pada perlakuan panjang entres 10 cm pada provenan D6 yaitu 11 tandan buah, panjang entres 15 dan 20 cm yaitu 7 dan 5 tandan buah. Bahan tanam yang lebih efisien dengan panjang 10 cm dari pada 15 dan 20 cm.

Untuk produksi buah, jumlah tandan buah, dan berat biji masing-masing berturut-turut adalah 1311,67 buah, 11 tandan, 86,67 gram dan 841, 33 buah, 7 tandan, 67,67gram dan 632,00 buah, 5 tandan, 70,67 gram. engan mengetahui bahan entres yang efisien untuk penyambungan, minimal akan membantu atau meringankan petani dalam pembelian/pengadaan bahan entres tanaman jarak pagar. (Tabel 2). (Lestari dan Sintha Suhirman/Peneliti Balittas dan Balittro)

 

Link terkait klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *