Bahan Organik: Peranannya dalam Budidaya Tebu Berkelanjutan

Artikel Tebu Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Bahan organik tanah berperan penting dalam menentukan kesehatan tanah tebu, yaitu kapasitas tanah yang dapat mendukung produksi tebu yang tinggi secara berkelanjutan. Kadar bahan organik tanah mempengaruhi sifat fisik, kimia dan biologi tanah.

Paper ini bertujuan untuk menguraikan tentang peranan bahan organik dalam memperbaiki sifat fisik, kimia dan biologi tanah pertanaman tebu. Pentingnya peran bahan oganik tersebut sudah disadari dari dulu, sehingga sebelum revolusi hijau penggunaan pupuk organik sudah umum dilakukan petani. Dengan semakin intensifnya budidaya tebu dan semakin meningkatnya kebutuhan gula, pemanfaatan pupuk organik sudah jarang dilakukan. Diperlukan usaha untuk meningkatkan dan mempertahankan kadar bahan organik pada lahan tebu, antara lain berupa gerakan masal dalam bentuk gerakan nasional melalui program aplikasi bahan organik.

Pemanfaatan pupuk hijau dan/atau pupuk hayati berpeluang untuk diterapkan karena lebih praktis dan efisien daripada penambahan pupuk organik padat. Penelitian ke depan perlu difokuskan untuk mengkaji jenis-jenis pupuk organik dan pupuk hayati yang efektif memperbaiki kesuburan, dalam menekan serangan penyakit, meminimalkan erosi pada lahan-lahan tebu monokultur, dan meningkatkan kesadaran petani tebu tentang terjadinya degradasi lahan akibat penanaman tebu yang terus menerus.

Download artikel : Djajadi(Organik tebu)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *