Asupan Teknologi Perbenihan Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Puslitbang Perkebunan menjadi institusi yang dikunjungi oleh Peserta Kegiatan Pertemuan Koordinasi Pengawasan Benih dan Jaringan Laboratorium Wilayah Binaan.  Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan selama 3 hari (13-15 Februari 2014).  Pada hari pertama, peserta melakukan kegiatan di Ditjenbun, Jakarta, dan selanjutnya pada hari kedua (14 Februari 2014) berkunjung ke Puslitbang Perkebunan. 

Di Puslitbang Perkebunan, peserta yang berjumlah 60 orang mendapat asupan teknologi perbenihan perkebunan dari beberapa narasumber yaitu Dr. Rr. Sri Hartati, Dr. Sukamto, Dr. Otih Rostiana, Ir. Siti Fatimah Sahid. Sementara, saat berkunjung ke UPBS (Unit Pelaksana Benih Sumber) di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, peserta mendapat penjelasan dari Kepala Kebun Cimanggu, Dadang Rukmana.

Sebelumnya, Ir. Anik Sri Suryani, MP (Kepala Tata Usaha) atas nama Kepala Puslitbang Perkebunan yang saat bersamaan sedang dinas luar didampingi oleh Dr. Iwa Mara Trisawa (Kepala Subbidang Pendayagunaan Hasil Penelitian) atas nama Kabid KSPHP, menyampaikan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan peserta yang berasal dari UPTD Benih wilayah  Sumatera dan  Kalimantan tersebut.  Puslitbang Perkebunan dengan empat balai di bawahnya yaitu Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) di Bogor, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri) di Sukabumi, Balai Penelitian Tanaman Pemanis dan Serat (Balittas) di Malang, dan Balai Penelitian Palma (Balit Palma) di Manado, senantiasa melakukan penelitian dan pengembangan sesuai mandat komoditas termasuk dalam hal perbenihan.  Disampaikan bahwa ketersediaan benih yang baik dengan jumlah yang memenuhi permintaan, menjadi mutlak saat suatu varietas unggul dirilis dan mendapat tanggapan positif dari stakeholder.   Oleh karena itu, kegiatan ini menjadi sangat penting dikaitkan dengan upaya-upaya kebijakan perbenihan dan teknis operasionalnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *