Aren Genjah Kutai Timur

Inovasi Aren Inovasi Teknologi

INFO TEKNOLOGI – Aren (Arenga pinnata, MERR) termasuk jenis tanaman palma yang serbaguna dan tersebar pada hampir seluruh wilayah  Indonesia. Tumbuh pada ketinggian 0-1500 meter di atas permukaan laut. Aren juga dapat dibudidayakan sebagai tanaman sela dan reboisasi untuk konservasi lahan, tanpa menimbulkan persaingan dengan tanaman pangan lainnya.

Produk tanaman aren memiliki nilai ekonomi tinggi dan berpotensi ekspor jika diusahakan secara serius. Semua bagian tanaman dapat diolah menjadi berbagai produk pangan dan non pangan. Salah satu produk non pangan dari aren adalah bioetanol yang diolah dari nira.

Terkait dengan isu lingkungan dan kesehatan, upaya pemenuhan kekurangan energi di masa mendatang akan diarahkan ke sumber terbarukan dan ramah lingkungan, yaitu biofuel/bioenergi salah satu diantaranya adalah bioetanol. Namun, hampir seluruh sumber bahan baku biofuel sering bersaing dengan kebutuhan pangan. Dalam konteks inilah tanaman aren dapat mengambil peran  sebagai salah satu sumber biofeul yang penting karena produktivitas niranya yang  tinggi. Tahun 2011 Balai Penelitian Tanaman Palma (Balit Palma) bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Kab. Kutai Timur telah melepas tanaman aren Genjah dengan keunggulan produktivitas nira tinggi dan berproduksi pada umur 6 tahun.

Oleh karena potensi produksi tanaman aren yang tinggi untuk pemanfaatan aren sebagai salah satu komoditi agribisnis, diperlukan strategi pengembangan yang tepat terutama di lahan-lahan sub optimal yang kurang produktif. Diharapkan melalui usaha pengembangan aren ini dapat meningkatkan pendapatan petani serta melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Pengetahuan dan informasi teknologi budidaya tanaman aren masih perlu ditingkatkan, mengingat kegiatan penelitian dan pengembangan pada tanaman tersebut masih relative terbatas. Oleh sebab itu, diseminasi inovasi teknologi dan pengembangan penelitian aren di Indonesia masih perlu ditingkatkan.

Sumber : Balai Penelitian Tanaman Palma (Balitka)

Info terkait :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *