Aren (Arenga pinnata, MERR)

Tahukah Anda

Aren (Arenga pinnata, MERR) termasuk jenis tanaman palma yang serbaguna dan tersebar pada hampir seluruh wilayah  Indonesia. Tumbuh pada ketinggian 0-1500 meter di atas permukaan laut. Aren juga dapat dibudidayakan sebagai tanaman sela dan reboisasi untuk konservasi lahan, tanpa menimbulkan persaingan dengan tanaman pangan lainnya.

Produk tanaman aren memiliki nilai ekonomi tinggi dan berpotensi ekspor jika diusahakan secara serius. Semua bagian tanaman dapat diolah menjadi berbagai produk pangan dan non pangan. Salah satu produk non pangan dari aren adalah bioetanol yang diolah dari nira.

Tanaman aren lebih cocok ditanam dalam kondisi rimbun sebagai bagian dari agroforestri atau secara polikultur dengan beberapa species tanaman lain yang dapat menciptakan ekosistem dengan kondisi iklim mikro seperti habitat aslinya. Kondisi area budidaya yang dirancang agar mendekati habitat asli tanaman aren yang disertai dengan teknologi budidaya semi intensif (pemupukan dan pembersihan), diduga akan mengoptimalkan potensi produksi tanaman aren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *