Apresiasi dan Sinkronisasi Program Kementerian Pertanian 2019 di Takalar

Aktifitas Puslitbangbun

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Pertanian merupakan salah satu sektor penting dan roda penggerak perekonomian di Indonesia. Sebagian besar sektor pertanian dikelola oleh masyarakat dengan kepemilikan lahan yang relatif kecil, sehingga produktivitasnya relatif rendah juga. Peningkatan produktivitas pertanian dapat dilakukan antara lain melalui intensifikasi menggunakan varietas unggul, yang ditunjang dengan sarana produksi dan alat mesin pertanian yang memadai. Petani di Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan telah berperan cukup baik dalam menunjang pembangunan pertanian di daerahnya.

Pada Jum’at, 12 April 2019, Menteri Pertanian, Dr. Ir. H. Amran Sulaiman, MP, hadir di Takalar sebagai bentuk apresiasinya terhadap capaian petani di Kab. Takalar. Namun, capaian tersebut masih perlu ditingkatkan lagi kata Mentan. Oleh sebab itu, kegiatan kunker Mentan dibarengi dengan pemberian bantuan benih beberapa varietas unggul dan bibit ayam kampung, alsintan, pupuk dan sarana produksi lainnya. Bantuan pemerintah ini disambut dengan meriah dan rasa syukur oleh semua yang hadir. Pertemuan ini dihadiri oleh lebih dari 30 ribu petani dan santri dari enam kabupatan yaitu Takalar, Gowa, Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Selayar.

Bupati Takalar, Syamsari mengapresiasi berbagai program dan bantuan dari Kementan. Total bantuan pertanian dari Pemerintah Pusat di Kabupaten Takalar sejak beberapa tahun yang lalu mencapai miliaran rupiah, yang diberikan dalam berbagai bentuk antara lain dalam bentuk irigasi, jalan tani, mesin pertanian, bibit ayam kampung, vaksin, pakan dll melalui program Bekerja untuk 2.500 Rumah Tangga Miskin. Potensi sumberdaya alam di Takalar adalah peternakan dan jagung.

Sulawesi Selatan saat ini semakin berkembang. Hal ini dapat dilihat antara lain dengan meningkatnya komoditi ekspor yang tentunya tidak terlepas dari peran penting petani. Amran Sulaiman mengharapkan agar bantuan kepada masyarakat dapat memicu kinerja yang lebih baik dari para petani sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka dan generasi penerusnya. Mentan juga menyampaikan bahwa hanya dengan kerja keraslah maka kesuksesan bisa diraih.

#Jayalah Pertanian Indonesia
# Inovasi Tiada Henti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *