Apresiasi Bagi Pelaksanaan Bimtek “Penulisan KTI Internasional dan Nasional serta Pengelolaan Jurnal Bereputasi Baik”

Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Teknologi yang dihasilkan para peneliti Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian belum berarti apa-apa jika teknologi tersebut belum dimanfaatkan oleh masyarakat atau para stakeholders terkait. Salah satu bentuk diseminasi inovasi teknologi yakni melalui jurnal ilmiah yang bereputasi baik. Jurnal bereputasi baik adalah jurnal yang memenuhi kriteria mutu tertentu dan terindeks oleh database internasional.

Peneliti Indonesia dituntut untuk berkontribusi dalam mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan pengembangannya di Jurnal, baik yang bersifat nasional maupun Internasional yang bereputasi baik agar inovasi teknologi semakin tersebar luas, dan Indonesia semakin diakui oleh dunia Internasional. Jumlah Karya tulis ilmiah (KTI) peneliti Indonesia yang diterbitkan oleh Jurnal Internasional bereputasi baik masih relatF sedikit. Mutu naskah merupakan syarat mutlak bagi suatu naskah hasil penelitian yang akan diterbitkan dalam jurnal bereputasi baik.

Pada Tanggal 25-27 April 2019, Balitbangtan, melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun) Balitbangtan, Kementan melaksanakan Bimbingan Teknis Penulisan KTI Internasional dan Nasional serta Pengelolaan Jurnal bereputasi baik di Via Renata Hotel, Cianjur, Jawa Barat yang diikuti oleh sekitar 50 orang peserta. Peserta berasal dari para penulis KTI, dewan redaksi dan copy editor jurnal lingkup Puslitbangbun. Evaluasi pelaksanaan BIMTEK yang mendapatkan dana dari project SMARTD ini telah dilaksanakan di Hotel Prime Plaza Sanur Bali, pada 19-21 Juni 2018.

Penanggungjawab kegiatan BIMTEK, Ir. Jelfina C. Alouw, MSc, PhD dalam paparannya menyampaikan bahwa BIMTEK “Penulisan KTI Internasional dan Nasional serta Pengelolaan Jurnal bereputasi baik”, dirasakan sangat bermanfaat bagi para peserta. Hal ini terlihat pada banyaknya jumlah naskah yang masuk yang melebihi target, serta hasil survey yang dilaksanakan setelah pelaksanaan kegiatan.

Para evaluator dan pengelola dana SMARTDD mengapresiasi hasil kegiatan ini dan berharap kegiatan yang sama dapat dilakukan pada waktu-waktu mendatang dalam rangka membantu peneliti dalam meningkatkan kompetensinya dalam menulis di Jurnal Internasional yang terindeks dilembaga pengindeks bereputasi baik. (JCA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *