Antusiasme Petani di Sulawesi Selatan untuk Pengembangan Kelapa

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

BERITA PERKEBUNAN – Lahan rawa di Indonesia cukup luas. Selama ini lahan tersebut tidur karena hanya dibiarkan saja tanpa dimanfaatkan untuk kegiatan produktif. Kementerian Pertanian melalui Program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) mengoptimalkan pemanfaatan lahan rawa dengan komoditas pertanian melalui penggunaan teknologi modern, yakni penggunaan alat dan mesin pertanian, pengolahan dan perbaikan kondisi tanah serta penggunaan sarana produksi yang sesuai untuk mendukung pertanian berkelanjutan.

Menteri Pertanian, Dr. Amran Sulaiman, dalam sambutannya pada acara launching SERASI di Kabupaten Wajo pada Rabu 6 Maret 2019, menyampaikan sejumlah capaian pemerintah sebagai salah satu bentuk dukungan dan kepedulian terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat termasuk petani. Mentan menghimbau agar para petani terus rajin dan bersemangat dalam mengembangkan karir sebagai petani yang handal di era millennial. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 15 ribu petani millennial yang berasal dari beberapa kabupaten antara lain Kabupaten Wajo, Sopeng, Sidrap, dan Pinrang) dan para pejabat Pemda dan Pusat.

Di sela-sela kunjungan kerja Mentan, bantuan alat dan mesin pertanian, day old chicken (DOC), kambing dan benih varietas unggul beberapa varietas hasil Balitbangtan, termasuk kelapa unggul lokal juga dibagikan kepada petani. Sebanyak 12.000 benih kelapa untuk Kab. Wajo dan 30.000 benih untuk Kab Bone ditargetkan akan segera didistribusikan oleh Ditjenbun untuk ditanam pada lahan petani seluas kira-kira 400 ha. Petani sangat antusias untuk memiliki benih-benih kelapa yang disiapkan pada kegiatan Kunker Mentan. Semoga antusiasme yang ditunjukkan merupakan pertanda keseriusan untuk menanam dan memelihara tanaman yang disebut juga sebagai “pohon kehidupan”, agar kelak bisa memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga, bukan hanya sebagai sumber pendapatan tapi juga sebagai sumber pangan sehat. (JCA)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *