Antusias Praktek Manajemen Perbenihan Komoditas Strategis Perkebunan

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

AKTIVITAS PUSLITBANGBUN – Setelah satu hari peserta mengikuti dengan serius dan penuh semangat teori menajemen perbenihan, sistem budidaya dan pasca panen, di hari kedua dilanjutkan dengan praktek langsung dan kunjungan ke Agro Widya Wisata Imiah (AWWI) Balittri di Sukabumi.

Seluruh peserta begitu sangat antusias mengikuti proses praktek pengembangan benih kopi, kakao, lada dan vanili (perbanyakan benih) yang langsung di sampaikan oleh pakarnya. Praktek langsung dilokasi dan unit perbanyakan benih tanaman kopi dan kakao, sementara untuk tanaman lada dan vanili dilakukan pada area yang sudah disiapkan.

Kunjungan lapang dipandu oleh Kasie Yantek Balittri Dr. Samsudin sekaligus narasumber kopi dan kakao beserta peneliti senior Ir. Handi Supriadi dan Asep Wowon sebagai teknisi Balittri. Disamping itu juga ada narasumber lada dan vanili Dra. Endang Hadipoentiyanti, MS., dan Wawan Lukman yang memandu praktek perbenihan lada dan vanili.

Dalam kunjungan lapang dan praktek peserta sekaligus menikmati dan menyaksikan proses pembuatan produk di Bio-industri kopi dan kakao Balittri. Peserta berkesempatan mencicipi produk olahan dari kakao, kopi dan teh, antara lain cokelat hitam, cokelat susu, bubuj kakao, kopi Arabika dan Robusta, Rabita, Sierra (gabungan Rabita dan Purwoceng), serta teh Therapi Pakuwon untuk oleh-oleh.

Pelaksanaan Bimtek ini sebagai tindak lanjut kerja sama antara Puslitbang Perkebunan dan Pemerintah Daerah. Bimtek diikuti oleh utusan 6 Pemerintah Daerah dari 10 kerja sama yang dilakukan pada tahun 2018, yaitu Pemda Provinsi Sumatera Selatan, Pemda Kabupaten Bangka Barat, Pemda Provinsi Sulawesi Utara, Pemda Provinsi Banten, Pemda Kabupaten Bogor dan Pemda Kabupaten Cianjur dengan total peserta sebanyak 20 orang terpilih.

Usai pelaksanaan Bimtek, kegiatan ditutup oleh Kasubbid Kerjasama Dr. Saefudin yang didampingi oleh Kasubbid PHP Sudarsono, SE mewakili Kabid KSPHP Ir. Jelfina C Alouw, M.Sc., Ph.D yang berhalangan hadir. Sebelum penutupan dilaksanakan, dilaukan diskusi dan evaluasi terkaiat pelaksanaan kegiatan baik aspek teknis dan non teknis dengan seluruh peserta.

Dalam sambutan penutupan, Saefudin mengapresiasi atas kesungguhan dan pengorbanan seluruh peserta untuk hadir dan mampu mengikuti dengan baik seluruh rangakaian kegiatan Bimtek. Saefudin berharap, seluruh ilmu dan pengetahuan yang di kuasai dari Bimtek mampu untuk disampaiakan ke Pimpinan masing-masing dan di tranformasi ke petani-petani yang lain baik di wilayah dan daerah.

Pada kesempatan evaluasi, peserta menaruh harapan kepada Puslitbang Perkebunan untuk melakukan kegiatan Bimtek lebih berkesinambungan dimasa mendatang, terutama dapat dilaksanakan di daerah-daeah dengan mendatangkan narasumber dari Balai Penelitian terkait dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Hal tersebut dalam rangka penderasan teknologi unggul Puslitbang Perkebunan ke daerah-daerah dan dalam upaya meningkatkan produktivitas tinggi dan kesejahteraan petani perkebunan. (Sae-Bur 19/7/2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *