Antisipasi Corona, Balittro Produksi Minuman Herbal Kaya Curcumin

Berita Media Berita Perkebunan Highlight

BERITA MEDIA – TABLOIDSINARTANI.COM, Bogor — Dunia kini tengah digemparkan oleh virus corona (Covid-19). Virus yang berasal berasal dari Kota Wuhan, Provinsi Hubei, China ini sudah menyebar ke  73 negara. Lalu Indonesia bagaimana mengantisipasinya? Tenang, kini Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) telah berhasil mengembangkan minuman sehat antisipasi corona. 

Guru Besar Universitas Airlangga dan Ketua Tim Riset Corona dan Formulasi Vaksin Professor Nidom Foundation, Prof Dr drh Chairul Anwar Nidom, menyatakan bahwa virus ini dapat dicegah dengan mengkonsumsi obat herbal yang biasa ditemui sehari-harinya. Terutama bahan makanan atau minuman yang mengandung Curcumin.

“Pada dasarnya, virus corona merupakan satu kingdom dengan influenza, yang dapat ditangkal atau dicegah dengan Curcumin,” ucap Prof Nidom dalam keterangannya

Curcumin banyak ditemui dalam tanaman kunyit. Zat curcumin ini merupakan phytochemical yang kuat yang memberikan warna kuning pada kunyit atau kunir tersebut. Curcumin juga merupakan senyawa anti oksidan yang kuat.

“Curcumin selain terdapat pada kunyit, juga pada temulawak.  Sekalipun secara klinis, kedua bahan tersebut belum terbukti bisa menangkal virus corona. Namun kunyit dan temulawak terbukti berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Kunyit dan temulawak baik untuk imunitas tubuh.”  ujar pakar Epidemiologi Universitas Indonesia Syahrizal Syarif menambahkan.

Sejak lama, Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro) telah melepas varietas unggul kunyit, temulawak dan jahe yang mengandung bahan aktif curcuminxanthorizol dan zingiberol yang lebih tinggi.

Sekarang inovasi teknologi itu dilengkapi dengan teknologi pengolahannya sehingga gampang untuk dikonsumsi dalam bentuk minuman herbal. Namun teknik pengolahan ini tidak menyebabkan hilangnya zat aktif yang terkandung di dalamnya, bahkan bahan aktif bisa dipertahankan dalam jumlah yang optimal.

Minuman herbal itu bisa meningkatkan daya tahan dan kebugaran tubuh, sehingga Curcumin bisa didapat, immunitas meningkat, Corona pun enggan melekat.

Sumber : Tabloidsinartani.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *