Analisis Komoditas Perkebunan Unggulan dan Arahan Pengembangannya di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi

Berita Perkebunan

BERITA PERKEBUNAN – Kondisi Kabupaten Bungo sangat potensial untuk pengembangan sektor pertanian dalam arti luas. Kontribusi sektor pertanian terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Bungo untuk tahun 2012 sebesar 33.08%. Tanaman perkebunan yang menjadi primadona adalah karet. Kini selain karet, tanaman kelapa sawit pun menjadi jenis yang diminati pengembangannya.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meng-analisis  komoditas  perkebunan unggulan, (2)  mengetahui  lahan  yang berpotensi untuk pengembangan komoditas perkebunan unggulan, dan (3) menyusun arahan pengembangan komoditas perkebunan unggulan dalam rangka pengembangan wilayah di Kabupaten Bungo. Adapun metode dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah: Metode Shift Share (SS), metode   Location   Quotient (LQ),   Overlay,   dan  analisis   deskriptif. Berdasarkan hasil analisis Location Quotient (LQ) dan Shift Share (SS), secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga jenis komoditas perkebunan unggulan yang dijadikan prioritas utama untuk dikembangkan disetiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bungo yaitu: karet, kelapa sawit dan kelapa dalam. Ketersediaan lahan untuk pengembangan komoditas karet, kelapa sawit, dan kelapa dalam luasan terluas berada di Kecamatan Pelepat sebesar 37.234 ha (17,2%). Arahan untuk pengembangan komoditas unggulan adalah komoditas karet, utamanya di Kecamatan Pelepat dan kelapa sawit utamanya di Kecamatan Pelepat Ilir, sedangkan komoditas kelapa dalam, merupakan komoditas penunjang di Kecamatan Pasar Bungo. Upaya teknik untuk meminimalisir dampak negatif faktor pembatas erosi, drainase, tekstur, dan curah hujan, yaitu: penambahan bahan organik, menanam tanaman penutup tanah, dan pembuatan jaringan irigasi.

Selengkapnya download fulltext…Analisis Komoditas Perkebunan Unggulan dan Arahan Pengembangannya di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi

Info terkait: eJurnal Littri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *