Alhamdulillah… Jurnal Ilmiah Lingkup Puslitbangbun Terakreditasi RISTEKDIKTI selama 5 Tahun

Aktifitas Puslitbangbun Highlight

INFO PERKEBUNAN – Alhamdulillah, berkat kerja keras dari Dewan Redaksi, Redaksi Pelaksana, dan pengelola Jurnal ilmiah serta kerjasama yang baik dari kontributor/penulis, terbitan Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), empat dari enam Jurnal ditetapkan sebagai Jurnal Ilmiah TERAKREDITASI PERINGKAT 2 oleh Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) Nomor : 21/E/KPT/2018, tanggal 9 Juli 2018. Masa berlakunya cukup panjang yakni selama 5 (lima) tahun terhitung mulai tahun 2016 sampai dengan tahun 2020.

Keempat Jurnal yang dimaksud adalah : (1) Jurnal Penelitian Tanaman Industri, (2) Perspektif : Review Penelitian Tanaman Industri, (3) Buletin Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, dan (4) Buletin Palma. Keempat Jurnal ini sudah melalui penilaian akreditasi pada periode I tahun 2018.

Dua Jurnal lainnya yakni (1) Jurnal Tanaman Industri dan Penyegar, dan (2) Buletin Tanaman Tembaku, Serat dan Minyak Industri, sesuai jadwalnya akan dilakukan penilaian pada periode II penilaian pada tahun 2018.

Salah satu indikator kemajuan suatu lembaga penelitian adalah menghasilkan karya atau invensi bahkan inovasi yang dibutuhkan para stakeholder . Publikasi ilmiah merupakan wahana komunikasi ilmiah antara peneliti, akademisi dan masyarakat pengguna lainnya serta menampung invensi dan inovasi dari para peneliti untuk didiseminasikan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan pemenuhan kebutuhan pembangunan di Indonesia. Oleh sebab itu menjaga kualitas publikasi sangat penting.

Publikasi ilmiah dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu berbasis fisik (cetak) dan berbasis elektronik. Pengelolaan dan publikasi ilmiah berbasis elektronik (e-journal) memungkinkan dilakukan dengan lebih efisien karena semua proses pengelolaan dilaksanakan secara elektronik. Melalui sistem tersebut dampak ilmiah atau sitasi suatu artikel dapat diketahui dengan cepat sehingga manfaat dari suatu karya tulis ilmiah dapat diketahui segera. Jurnal ilmiah lingkup Puslitbangbun sudah diterbitkan dalam dua versi yakni versi cetak maupun elektronik.

Akreditasi dilakukan untuk menilai mutu suatu terbitan ilmiah apakah sudah memenuhi persyaratan mutu tertentu atau belum. Penilaian dilakukan dengan adil dan terukur sehingga meningkatkan semangat pengelolaan publikasi ilmiah dan bisa memberi makna terhadap perbaikan kualitas publikasi. Penyerahan sertifikat akreditasi telah dilakukan oleh Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti, Dr. Muhammad Dimyati secara simbolis kepada perwakilan dari Kementan yang diterima oleh Ketua Dewan Redaksi JITV, Prof. Dr. Ismeth Inounu di Jakarta (17/07/2018).

Semoga hasil kerja keras dari Dewan Redaksi, Redaksi Pelaksana, dan pengelola Jurnal lingkup Puslitbangbun dapat dipertahankan demi kemajuan pertanian di Indonesia. (Bur)

#JayalahPertanianIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *