Alat Pengupas Kulit Buah Kopi yang Sederhana dan Terjangkau

Artikel Kopi Berita Perkebunan

INFO PERKEBUNAN – Alat pengupas kulit buah kopi sederhana, efektif dan terjangkau dapat menggunakan komponen yang sebagian besar dari bahan kayu atau besi yang dilengkapi dengan beberapa komponen logam bekas, sehingga lebih hemat secara ekonomi dan mudah dalam pengerjaannya.

Alat pengupas kulit buah kopi sederhana ini dibuat untuk mengatasi keterbatasan kapasitas hasil alat pengupas kulit buah kopi yang umum di petani. Dimana pada umumnya petani mengupas kulit buah kopi masih menggunakan alat pengupas tradisional dengan cara ditumbuk, sehingga memiliki keterbatasan dalam kapasitas hasilnya.

Bahan dan alat yang diperlukan yaitu kayu, bambu, paku, ayakan ukuran 1 cm, lakher bekas, baut/mur, karet ban bekas, rol meter, gergaji, golok, tatah, palu, gergaji besi, dan kunci baut.

Alat ini digerakan oleh tenaga manusia dengan cara mengayun engkol untuk memutarkan rotor dari bahan bekas sepeda, sehingga bisa mengerakan ayakan untuk memisahkan kulit dan biji kopi. Alat pengupas kulit kopi sederhana ini memiliki prinsip kerja pengupasan yang terjadi di antara permukaan silinder yang berputar (rotor) dan permukaan pisau yang diam (stator).

Alat ini dapat dibuat dengan dimensi panjang 100 cm, lebar 70 cm, dan tinggi 125 cm. Alat pengupas kulit kopi ini telah dibuat di KP. Gunung Putri dengan kapasitas 80 – 100 kg per jam dengan hasil kupasan 90% bersih dari kulit buah.

Alat ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kapasitas hasil pengupasan kulit buah kopi yang tentu juga dapat meningkatkan kualitas produksi.

Gambar. Alat pengupas kulit buah kopi ramah petani.

 

Gambar. (a) Mesin pengupas kulit kopi sederhana tampak depan, (b) Rotor tampak dalam Hopper.

 

Selengkapnya download : Alat-Pengupas-KulitBuah-Kopi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *