AIF 2017 Botani Square Bogor: Balitbangtan, Kementan, Tampilkan Inovasi Teknologi Baru

Aktifitas Puslitbangbun Berita Perkebunan Highlight

AKTIVITAS PERKEBUNAN – Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Kementerian Pertanian menggelar acara Agro Inovasi Fair (AIF) 2017 tanggal 22-26 November 2017 di LG Botani Square, Jalan Pajajaran, Bogor. AIF 2017 menampilkan produk-produk inovasi teknologi, yang banyak diantaranya sudah dipatenkan dan dikomersialkan oleh pihak swasta dan industri sehingga sudah dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Selain menampilkan produk-produk inovatifnya, AIF menyediakan juga paket pelatihan, magang dan bimbingan teknis secara gratis kepada pengunjung serta temu bisnis. AIF menjadi sarana untuk promosi dan edukasi kepada masyarakat. Semua Unit Kerja (UK) dengan Unit Pelayanan Teknis (UPT) lingkup Balitbangntan menyiapkan informasi serta produk-produk inovasinya di AIF ini.

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan (Puslitbangbun), sebagai salah satu UK Balitbangtan, Kementan, menampilkan teknologi unggulannya, antara lain : produk Kit Aren Gejah, DEHAF, Jamu ternak, Kopi, Coklat, BBN, Ramuan daun sirsak anti kanker, Pestisida nabati dari minyak atsiri, dan Pupuk hayati Biotri-V serta bursa bibit tanaman.

Temu Bisnis yang disiapkan oleh unit kerja Balitbangtan antara lain Temu Bisnis Mangga Agri Gardina dan Gadung 21, Cabai Rawit Prima Agrihorti dan Cabai Rawit Rabani Agrihorti, pupuk hayati dan biopestisida.

Icip-icip seperti yoghurt, bagelen ganyong, roti cassava, bubur hanjeli, pizza cassava, pasta sorghum, mie jagung spaghetti disediakan untuk dapat dicicipi oleh pengunjung AIF 2017.

Bursa bibit tanaman menampilkan beberapa varietas unggul seperti Jagung Nasa 29, Tebu Amfibi, VUB Padi baru, Varietas Padi tahan wereng coklat, Padi Amfibi yang sudah dilengkapi dengan Informasi Nama Varietas dan deskripsi teknologinya serta informasi dimana bisa memperoleh logistiknya.

Sedangkan teknologi unggulan yang akan didisplay khusus di SARANG TAWON, lengkap dengan deskripsi teknologinya antara lain:
1) Garcia – minuman sari buah manggis (produk dalam kemasan)
2) Seedling bawang merah dari TSS (dalam tray)
3) Jeruk Montaji (buah jeruk)
4) Monixvit (produk)
5) Bioplus Pedet (produk)
6) Vaksin kombinasi HPAI dan LPAI (prototype dalam botol)
7) Vaksin VTEC – Vaksin ETEC (prototype dalam botol)
8) Kit Aren Gejah (produk)
9) Benih Kedelai Biosoy
10) DEHAF (produk)
11) Jamu ternak (produk)
12) Kopi (produk)
13) Coklat (produk)
14) BBN (produk)
15) Ramuan daun sirsak anti kanker dari Balittro (produk)
16) Biosinta (produk)
17) Garci Tea (produk)
18) Keripik kentang Chudori (produk)
19) Kopi Lada (produk)
20) Pestisida nabati minyak atsiri (produk)
21) Pupuk hayati Biotri-V (produk)

Diharapkan dengan penyelenggaran AIF 2017 ini dapat menjaring mitra untuk penelitian dan pengembangan dan menjaring mitra untuk pemasaran.

Ayoooo…. masyarakat Bogor dan sekitarnya, kunjungi stand-stand kami di lantai LG Botani Square, jalan Pajajaran, Bogor dari 22 sampai dengan 26 November 2017. Berikut agenda acaranya. (bur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *