Visi dan Misi

Visi

“Menjadi Lembaga Penelitian Terkemuka Penghasilan Teknologi dan Inovasi Perkebunan untuk Mewujudkan Pertanian Berkelanjutan dan Kesejahteraan Petani”

Makna dari Visi adalah :

  1.  Lembaga Penelitan Perkebunan Terkemuka artinya lembaga penelitian perkebunan yang dinamis dan tumbuh sebagai fast learning organizaton yang memimpin kegiatan riset pertanian di Indonesia dalam mengantsipasi perkembangan lingkungan strategis yang ada.
  2. Teknologi Perkebunan adalah cara atau metode, serta proses atau produk yang dihasilkan dari penerapan dan pemanfaatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menghasilkan nilai bagi pemenuhan kebutuhan, kelangsungan, dan peningkatan mutu kehidupan manusia.
  3. Inovasi adalah penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada ke dalam produk atau proses produksi.
  4. Perkebunan Modern adalah kegiatan yang bertujuan untuk mengoptmalkan pemanfaatan input dan sumberdaya perkebunan melalui proses yang efisien, ramah lingkungan dan berkelanjutan, untuk menghasilkan Produk Perkebunan yang mempunyai nilai tambah tinggi serta aman dan sehat untuk dikonsumsi,dengan memanfaatkan kegiatan riset dan pengembangan teknologi.
  5. Pertanian berkelanjutan adalah pertanian ramah lingkungan yang dapat mendukung usaha perkebunan dengan produktivitas tinggi, adaftif, kualitas tinggi dan mampu meningkatkan kesejahteraan petani secara berkesinambungan;
  6. Kesejahteraan Petani merupakan kondisi hidup layak bagi petanidan keluarganya sebagai aktor utama pelaku usaha pertanian yang diperoleh dari kegiatan usaha perkebunannya

Misi

Misi yang diemban Puslitbang Perkebunan adalah:

  1. Menghasilkan dan mengembangkan teknologi perkebunan modern yang memiliki scientific recogniton dengan produktvitas, mutu dan efisiensi tinggi;
  2. Hilirisasi dan masalisasi teknologi perkebunan modern sebagai solusi menyeluruh permasalahan perkebunan yang memiliki impact recogniton untuk meningkatkan kesejahteraan petani.

Makna dari misi adalah sebagai berikut:

  1. Teknologi perkebunan modern adalah teknologi yang memiliki keunggulan baik secara ilmiah maupun teknis dengan produktivitas, kualitas dan efisiensi tinggi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan terkini dan kearifan lokal yang ada yang dapat diterapkan sesuai kebutuhan penggunapada berbagai lingkungan strategis, serta mendukung upaya Kementerian Pertanian mewujudkan visi dan misinya.
  2. Hilirisasi dan masalisasi teknologi perkebunan modern adalah melaksanakan pengembangan hasil penelitan sejalan dengan sasaranstrategis Kementerian Pertanian, sehingga mempercepat proses pelaksanaan pembangunan pertanian dalam mendukung terwujudnya usaha perkebunan berkelanjutan dan peningkatan kesejahteraan petani.