Pengantar

Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan dengan empat (4) UPT telah menghasilkan paket-paket teknologi unggulan di sektor perkebunan. Diyakini paket-paket teknologi tersebut dapat diadopsi oleh petani/pekebun dan pengguna lainnya sehingga akan meningkatkan nilai tambah dan dasar pengembangan agroindustri yang berdaya saing.

Berdirinya Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan atau Puslitbang Perkebunan pada tahun 1879 yang bermula dari Cultuurtuin telah mengalami beberapa kali reorganisasi.

Dalam upaya mendukung revitalisasi pertanian, Puslitbang Perkebunan terus melakukan pembenahan baik di bidang penelitian dan pengembangan guna menghasilkan inovasi teknologi pertanian, khususnya bidang perkebunan melalui perbaikan program-program kegiatan maupun peningkatan kegiatan di bidang diseminasi hasil-hasil penelitian untuk menginformasikan teknologi yang telah dihasilkan oleh Puslitbang Perkebunan.

Profil ini disusun untuk memberikan pelayanan informasi dengan tujuan untuk mempromosikan Puslitbang Perkebunan berserta 4 (empat) UPT yang memuat tentang mandat tugasnya, dukungan sumberdaya manusia dan fasilitas, visi, misi, serta segala aktivitasnya sebagai institusi yang bernaung di bawah Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian dalam menghasilkan inovasi teknologi bagi pembangunan pertanian.

Kepala Pusat,

Dr. Ir. Fadjry Djufry, M.Si