Visi, Misi dan Tugas PPID

Visi :

Terwujudnya pelayanan informasi yang transparan dan akuntabel untuk memenuhi hak pemohon informasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan

 

Misi :

  1. Meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi yang berkualitas;
  2. Membangun dan mengembangkan system penyediaan dan layanan informasi;
  3. Meningkatkan kopetensi sumberdaya manusia.

 

PPID MEMPUNYAI TUGAS ANTARA LAIN:

1. mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan pengumpulan bahan informasi dan dokumentasi yang meliputi:

  • informasi yang wajib disediakan dan diumumkan secara berkala;
  • informasi yang wajib tersedia setiap saat;
  • informasi terbuka lainnya yang diminta pemohon informasi publik.

2. menyimpan, mendokumentasikan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi kepada publik;

3. melakukan verifikasi bahan informasi publik;

4. melakukan uji konsekuensi atas informasi yang dikecualikan;

5. melakukan pemutakhiran informasi dan dokumentasi; dan

6. menyediakan informasi dan dokumentasi untuk diakses oleh masyarakat.

 

PPID mempunyai tanggung jawab, antara lain:

  1. mengkoordinasikan penyimpanan dan pendokumentasian seluruh informasi publik;
  2. mengkoordinasikan penyediaan dan pelayanan seluruh informasi publik di bawah penguasaan masing-masing yang dapat diakses oleh publik;
  3. menjaga kerahasiaan informasi yang dikecualikan kepada masyarakat dan/atau pemohon informasi publik;
  4. menjamin keakuratan informasi yang diberikan kepada masyarakat dan/atau pemohon informasi publik

Dalam Melaksanakan Tugas Dan Tanggung Jawabnya, PPID Berwenang:

  1. menolak memberikan informasi yang dikecualikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  2. meminta dan memperoleh informasi dari unit kerja/komponen/satuan kerja yang menjadi cakupan kerjanya;
  3. menentukan atau menetapkan suatu informasi dapat/tidaknya diakses oleh publik; dan
  4. menugaskan Petugas PPID untuk membuat, mengumpulkan, serta memelihara informasi dan dokumentasi untuk kebutuhan organisasi.

Motto : “Layanan Prima Setulus Hati “

Maklumat Pelayanan :

“Dengan Ini Kami Menyatakan Sanggup Memberikan Pelayanan Prima Sesuai dengan Standar yang Telah Ditetapkan, Apabila Lalai Tidak Menepati Janji Kami Siap Menerima Sanksi Sesuai Dengan Ketentuan Undang-Undang Yang Berlaku”